Rabu, 19 Oktober 2022

Orase Cu Litera E


Orase Cu Litera E

sebutkan arti kata literai​

Daftar Isi

1. sebutkan arti kata literai​


Jawaban:

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Jawaban:

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas.

SEMOGA MEMBANTU


2. Diketahui nilai E° untuk setengah reaksi berikut : Cu+ + e- → Cu E°red = 0.52 V Cu2+ + 2e- → Cu E°red = 0.32 V Tentukan E° untuk reaksi : Cu+ → Cu2+ + e-


Cu⁺ + e⁻ → Cu E° = +0,52 V .. (i)

Cu²⁺ + 2e⁻ → Cu E° = +0,32 V .. (ii)

Cu⁺ → Cu²⁺ + e⁻ E° = ?

Reaksi (ii) dibalik, diperoleh:

Cu → Cu²⁺ + 2e⁻ E° = -0,32 V

Reaksi (i) tetap, diperoleh:

Cu⁺ + e⁻ → Cu E° = +0,52 V

Jumlahkan (i) dan (ii), diperoleh:

Cu⁺ + e⁻ → Cu E° = +0,52 V

Cu → Cu²⁺ + 2e⁻ E° = -0,32 V

______________________ +

Cu⁺ → Cu²⁺ + e⁻ E° = +0,20 V

Semoga membantu :)


3. Contoh reaksi oksidasi adalah .... a. Cu 2+ + 2 e- Cu b. Cl2 + 2e- 2Cl- c. Ag+ + e- Ag d. Zn Zn2+ + 2e- e. Cu + H2 Cu + H2O


Jawaban:

D. Zn --> Zn2+ + 2e-

Penjelasan:

Reaksi Oksidasi adalah dimana suatu unsur melepaskan elektron dan menyebabkan bilangan oksidasi meningkat.


4. senyawa tembaga ii nitrat terdiri dari a. Cu²+ dan NO²+ b. Cu²+ dan NO²+ c. Cu+ dan NO²- d. Cu+ dan NO³- e. Cu dan NO³-


Cu(NO3)2=>(Cu^2+)dan (NO3) ^-A Cu² + dan NO²+
=> SEMOGA MEMBANTU

5. berapakah litera air yg dapat ditampung didalam tengki yg berkapasitas 1000m³?


V = 1000 m^3
V = 1000 × 1000 dm^3
V = 1000000 dm^3
V = 1000000 liter

6. di ketahui harga E° Cu²+(aq) + 2 e- Cu (s) E°= + 0,34Volt Fe³+(aq) + e- Fe²+ (aq) E° = + 0,77Volt Fb²+(aq) + 2 e- Fb (s) E° = - 0,13Volt Cu²+(aq) + e- Cu+ (aq) E° = + 0,15 volt data di atas,reaksi yg tdk dapat berlangsung adalah


Jawaban:

Yo Ndak Tau Kok Tanya Saya(YNTKTS)

Jawaban:

Reaksi tidak dapat berlangsung yaitu resksi yang dimana E°sel nya bernilai negatif (-) maka reaksi yang tepat adalah

Cu²+(aq) + e- Cu+ (aq)     E° = + 0,15 volt

Fe³+(aq) + e- Fe²+ (aq)    E° = + 0,77Volt

maka

E° sel = E°reduksi - E°oksidasi

E° sel = 0,15 - 0,77 = -0,52 Volt

Penjelasan:

Semoga bermanfaat ya, jadikan jawaban terbaik ya hihihihi


7. Pada sel volta dengan elektrode Pb dan Cu, terjadi aliran elektron yang bergerak A. Dari Pb ke Pb 2+ B. Dari pb ke Cu C. Dari Cu ke Cu 2+ D. Dari Cu ke Pb E. Dari Cu 2+ Ke Pb 2+


berdasarkan deret volta, Pb Cu 
aliran elektron bergerak dari anoda ke katoda 
anoda = Pb 
katoda = Cu 

jadi, dari Pb ke Cu (b)

8. pasangan kation dan anion penyusun senyawa Cu(OH)2 adalah...a. Cu dan OHb. Cu dan OHc. Cu+ dan OH-d.Cu+ dan OH2-e. Cu2+ dan OH-


D. JAWABAN NYA ATUH YA KAN

9. Cu+2 + 2e ---> Cu E°=+0,34 VAg+ + e ----> Ag E°=+0,8 VTentukan harga E°sel yang dihasilkan dan tuliskan notasi selnya​


E° Cu lebih kecil drpd E° Ag. Berarti Cu bertindak sbg Anode sedangkan Ag sbg Katode.

Reaksi utk Anode dibalik karena reaksiny oksidasi, dan E° nya diminuskan.

Katode: 2Ag+ + 2e -> 2Ag E° = +0,8 V

Anode: Cu -> Cu²+ + 2e E° = -0,34 V

--------------------------------------------------------------- +

Reaksi sel: 2Ag+ + Cu -> 2Ag + Cu²+ E° = +0,46 V

Notasi sel: Cu | Cu²+ || Ag+ | Ag


10. Kuningan merupakan paduan antara ….a. Cu + Zn b. Cu + Sn c. Cu + Al d. Cu + Ag e. Al + Ag​


Jawaban:

Kuningan merupakan paduan antara

a. cu+Zn b. cu+sn c. cu+ Al d.cu + ag e. Al +ag

Jawaban:

a. Cu dan Zn

Penjelasan:

Kuningan merupakan paduan antara tembaga dan seng, tembaga cu, seng zn, maaf kalo salah,,


11. buat persamaan reaksi potensial sel antara e Fe dan e Cu​


Jawaban:

Kalau enggak salah saya liatnya ada di goggle jawabannya


12. dalam suatu sel volta terjadi reaksi berikut Fe + Cu^2+ -> Fe^2+ + Cu jika E° Cu^2+ | Cu = + 0,34 v dan E° Fe^2+ | Fe = -0,44 v, harga potensial sel reaksi tersebut


harg potensial reaksi tersebut mnrut rmus reduksi-oksidasi = +O,78 V. E° sel = E° katoda - E° anoda
= E° besar - E° kecil
= 0,34 - (-0,44)
= 0,34 + 0,44
= 0,78 v
semoga dapat membantu

13. Diketahui data potensial berikut standar beberapa reaksi berikut. 1) Cu²+(aq)+Zn(s)->Cu(s) +Zn²+(aq) E°=+1,10 v2) Pb²+(aq)+Zn(s)->Pb(s)+Zn²+(aq) E°=+0,633) Cu²+(aq)+Pb(s)->Cu(s)+Pb²+(aq) E°=+0,47 vBerdasar kan data tersebut, urutan kekuatan reduktor logam logam tersebut dari yang paling lemah adalah...... a) Pb,Zn,dan Cub) Zn, Pb, dan Cuc) Cu,Zn dan Pbd) Cu, Pb dan Zne) Zn,Cu dan Pb(Tolong lampirkan cara dan jawaban nya)


reduktor lemah berarti sifat oksidator ya kuat
dari data diatas
Cu mengoksiadasi Zn menghasilkan E sel paling besar dibandingkan Pb mengoksiadasi Zn.
Cu ternyata dapat mengoksiadasi Pb dengan nilai E sel positip
maka urutannya nya dari terlemah adalah Cu , Pb, Zn


jawab D
maaf jika keliru




14. Hitunglah Eº sel dari: Cu(aq)2+ + 2 e Cu(s) ;E° = - 0,34 volt Al(aq) 3+ + 3 e Al(s) ;E° = - 0,66 volt


Jawaban:

a. Diagram sel

b. potensial sel

E°sel = +2 volt

Penjelasan:Cu²⁺(aq) + 2e ---> Cu(s) E° = +0,34 volt

Al³⁺ (aq) + 3e ---> Al(s) E° = -1,66 volt


15. Diketahui harga potensial reduksi dari : 2 H+ + 2e → H E° = 0 volt A13+ + 3e → Al E° = - 1.66 volt Zn- + 2e → Zn E° = - 0,76 volt Mg2+ + 2e → Mg E° = -2,37 volt Cu?+ 2e > Cu E = + 0.34 volt Notasi sel yang berlangsung spontan adalah ... 'A. Cu?- Cu /H/H B.Mg Mg2+/Cu²+ Cu C. Ag Ag*!! A13+ / Al D.H/2H* A1- Al E.Zn Zn2+ / Mg2+ /Mg K


Jawaban:

B. Mg|Mg²⁺ || Cu²⁺| Cu

Penjelasan:

tabel potensial Elektroda standar

2H⁺(aq) + 2e ⇔ H₂(g) E°= 0 v

Al³⁺(aq) + 3e ⇔ Al(s) E° =-1,66v

Zn²⁺(aq)+ 2e ⇔ Zn(s) E° = -0,76v

Mg²⁺(aq)+ 2e ⇔ Mg(s) E°= -2,37v

Cu²⁺(aq)+ 2e ⇔ Cu(s) E° = +0,34v

Ag⁺(aq)+ e ⇔ Ag(s) E° = + 0,80v

Notasi Sel Volta:

A | A²⁺ || B²⁺| B

Anoda || Katoda

E° = E° katoda - E° anoda

Jawab:

Cu |Cu²⁺||2H⁺|H₂

E° =0-0,34 = - 0,34 v → tidak spontan

Mg|Mg²⁺ || Cu²⁺| Cu

E° =0,34 -(-2,37) = + 2,71 vspontan

Ag|Ag⁺ || Al³⁺|Al

E° =-1,66-(0,80) = -2,46 v →tidak spontan

H₂ | 2H⁺||Al³⁺| Al

E° =-1,66-(0) = -1,66 v →tidak spontan

Zn | Zn²⁺ ||Mg²⁺ |Mg

E° =-2,37 -(-0,76) = -1,61 v →tidak spontan

Reaksi spontan disertai pembebasan energi berupa kalor yang menyebabkan kenaikan suhu larutan. ( E° positif)


16. Jika diketahui:Zn+2 | Zn E° = -0,76 voltCut2 Cu E° = +0,34 voltDiagram sel yang paling tepat untuk meng-gambarkan proses tersebut adalah ....a. ZnSO, Zn || CuSo, I Cub. Cu Cuso. || ZnSO21c. ZnZn+2 || Cu+2 | Cud. Cu Cu 2 | Zn+2 | Zn. Zn+2 | SO,? || Cu*| S027. 'Data reaksi setengah sel dengan harga E°sebagai berikut.Fe2+ | Fe E° = -0,44 voltCu2+ | Cu E° = +0,34 voltPb2+ | Pb E = -0,13 voltMg2+ | Mg E° = -2,34 voltBerdasarkan data, notasi sel reaksi yangberlangsung spontan adalah .a. Cu Cu2+ || Fe2+ | Feb. Cu Cu2+ || Mg2+ | MgC. Cu Cu2+ || Pb2+ Pbd. PbPb2+ || Cu2+ Cue, PbPb2+ || Mg2+ | Mg3. Perhatikan rangkaian bagan sel volta berikut!​


Jawaban:

pbpb2+llmg2+l mg cu 2+ cu fe2


17. Cu2+ + e => Cu+ adalah reaksi


sel volta

SEMOGAMEMBANTU


18. pada sel volta dengan elektrode Pb dan Cu, terjadi aliran elektron yang bergerak ... a. dari Pb ke Pb^2+ b. dari Pb ke Cu c. dari Cu ke Cu^2+ d. dari Cu ke Pb e. dari Cu^2+ ke Pb^2+


Aliran elektron yang bergerak dari Cu ke Pb

Pembahasan

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Sel~Volta}}}[/tex]

Sel volta adalah rangkaian sel yang menghasilkan arus listrik searah ketika terjadi reaksi redoks spontan. Dalam sel volta digunakan dua buah elektrode yaitu Contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari prinsip sel volta adalah baterai dan aki.

1. Katode sebagai elektrode positif yang mengalami reaksi reduksi (penerimaan elektron)

2. Anode sebagai elektrode negatif yang mengalami reaksi oksidasi (pelepasan elektron)

KPAN

Katode : Positif

Anode : Negatif

[tex]\boxed{\boxed{\bold{\green{Diket}}}}[/tex]  

elektrode Pb

elektrode Cu

[tex]\boxed{\boxed{\bold{\purple{Ditanya}}}}[/tex]  

aliran elektron yang bergerak dari

[tex]\boxed{\boxed{\bold{\blue{Jawab}}}}[/tex]  

Deret Sel Volta

Li K Ba Ca Na Mg Al Mn Zn Cr Fe Cd Ni Co Sn Pb H Cu Hg Ag Pt Au

Semakin ke kanan kedudukan logam dalam deret sel volta maka logam akan semakin kurang reaktif (semakin sukar melepas elektron) dan kationnya merupakan oksidator yang semakin kuat. Logam yang berada disebelah kiri dapat mendesak atau mereduksi logam yang berada disebelah kanan.

Elektrode Pb berada disebelah kiri elektrode Cu dalam deret sel volta. Oleh karena itu, elektrode Pb dapat mendesak atau mereduksi logam yang berada disebelah kanan yaitu elektrode Cu. Maka,

elektrode Pb = katode = mengalami reaksi reduksi

elektrode Cu = anode = mengalami reaksi oksidasi

Reaksi sel yang terjadi adalah :

Katode = Pb²⁺ + 2e ---> Pb

Anode = Cu ---> Cu²⁺ + 2e

Jika aliran elektron dari anode ke katode maka, aliran elektron yang bergerak dari Cu ke Pb

[tex]\boxed{\boxed{\bold{\red{Kesimpulan}}}}[/tex]  

aliran elektron yang bergerak dari Cu ke Pb

[tex]\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }[/tex]  

Menentukan Eosel https://brainly.co.id/tugas/18488104 , https://brainly.co.id/tugas/7639288# Notasi sel https://brainly.co.id/tugas/20738534 Menentukan reaksi sel https://brainly.co.id/tugas/18150628, https://brainly.co.id/tugas/20738534

 

              [tex]\boxed{\spadesuit}\boxed{\bold{\orange{Semoga~Membantu}}}\boxed{\spadesuit}[/tex]              

            [tex]\boxed{\spadesuit}\boxed{\bold{\orange{Chemistry~ionkovalen}}}\boxed{\spadesuit}[/tex]

[tex]\mathbf{Detil~Jawaban }[/tex]  

Mapel : Kimia

Bab : Reaksi Redoks dan Elektrokimia

Kelas : XII

Semester : 1

Kode : 12.7.2

#AyoBelajar


19. diketahui : Zn^2+ | Zn E° = -0,76 volt Cu^2+ | Cu E° = +0,34 voltbesarnya potensial sel (E° sel) Volta tersebut adalah​


Jawaban:

caranya ada di gambar

mohon maaf jika salah


20. menyusun teks persuasif tentang Pentingnya literai dan numerasi dlm pendidikan​


Jawaban:

Kita sebagai pelajar harus perbanyak literasi karena sangat membantu kita sebagai seorang murid

Literasi tidak memberikan kita kerugian, malah memberikan kita pelajaran baru, lebih luas, bahkan yang tidak pernah dijelaskan guru sekalipun bisa kita ketahui atau temukan jika perbanyak literasi

Matematika juga menjadi salah satu alasan setiap pelajar untuk tidak menyentuh bahkan membaca buku yang berkaitan dengan matematika

Memang biasanya kita bingung, tidak tau apa yang mau dibaca, tapi kita bisa saja membaca rumus bahkan menghafal rumus yang tertera di dalam buku

Maka dari itu saya katakan tidak ada kerugian dalam memperbanyak literasi malah memberikan kita keuntungan besar.

Kalo mbak mao tambahin gambaran ughe boleh :)

Maap kalok bener suer, sekian trimsomaski


Video Update


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner