sebutkan arti kata literai
1. sebutkan arti kata literai
Jawaban:
Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.
Jawaban:
Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas.
SEMOGA MEMBANTU
2. Diketahui nilai E° untuk setengah reaksi berikut : Cu+ + e- → Cu E°red = 0.52 V Cu2+ + 2e- → Cu E°red = 0.32 V Tentukan E° untuk reaksi : Cu+ → Cu2+ + e-
Cu⁺ + e⁻ → Cu E° = +0,52 V .. (i)
Cu²⁺ + 2e⁻ → Cu E° = +0,32 V .. (ii)
Cu⁺ → Cu²⁺ + e⁻ E° = ?
Reaksi (ii) dibalik, diperoleh:
Cu → Cu²⁺ + 2e⁻ E° = -0,32 V
Reaksi (i) tetap, diperoleh:
Cu⁺ + e⁻ → Cu E° = +0,52 V
Jumlahkan (i) dan (ii), diperoleh:
Cu⁺ + e⁻ → Cu E° = +0,52 V
Cu → Cu²⁺ + 2e⁻ E° = -0,32 V
______________________ +
Cu⁺ → Cu²⁺ + e⁻ E° = +0,20 V
Semoga membantu :)
3. Contoh reaksi oksidasi adalah .... a. Cu 2+ + 2 e- Cu b. Cl2 + 2e- 2Cl- c. Ag+ + e- Ag d. Zn Zn2+ + 2e- e. Cu + H2 Cu + H2O
Jawaban:
D. Zn --> Zn2+ + 2e-
Penjelasan:
Reaksi Oksidasi adalah dimana suatu unsur melepaskan elektron dan menyebabkan bilangan oksidasi meningkat.
4. senyawa tembaga ii nitrat terdiri dari a. Cu²+ dan NO²+ b. Cu²+ dan NO²+ c. Cu+ dan NO²- d. Cu+ dan NO³- e. Cu dan NO³-
Cu(NO3)2=>(Cu^2+)dan (NO3) ^-A Cu² + dan NO²+
=> SEMOGA MEMBANTU
5. berapakah litera air yg dapat ditampung didalam tengki yg berkapasitas 1000m³?
V = 1000 m^3
V = 1000 × 1000 dm^3
V = 1000000 dm^3
V = 1000000 liter
6. di ketahui harga E° Cu²+(aq) + 2 e- Cu (s) E°= + 0,34Volt Fe³+(aq) + e- Fe²+ (aq) E° = + 0,77Volt Fb²+(aq) + 2 e- Fb (s) E° = - 0,13Volt Cu²+(aq) + e- Cu+ (aq) E° = + 0,15 volt data di atas,reaksi yg tdk dapat berlangsung adalah
Jawaban:
Yo Ndak Tau Kok Tanya Saya(YNTKTS)
Jawaban:
Reaksi tidak dapat berlangsung yaitu resksi yang dimana E°sel nya bernilai negatif (-) maka reaksi yang tepat adalah
Cu²+(aq) + e- Cu+ (aq) E° = + 0,15 volt
Fe³+(aq) + e- Fe²+ (aq) E° = + 0,77Volt
maka
E° sel = E°reduksi - E°oksidasi
E° sel = 0,15 - 0,77 = -0,52 Volt
Penjelasan:
Semoga bermanfaat ya, jadikan jawaban terbaik ya hihihihi
7. Pada sel volta dengan elektrode Pb dan Cu, terjadi aliran elektron yang bergerak A. Dari Pb ke Pb 2+ B. Dari pb ke Cu C. Dari Cu ke Cu 2+ D. Dari Cu ke Pb E. Dari Cu 2+ Ke Pb 2+
berdasarkan deret volta, Pb Cu
aliran elektron bergerak dari anoda ke katoda
anoda = Pb
katoda = Cu
jadi, dari Pb ke Cu (b)
8. pasangan kation dan anion penyusun senyawa Cu(OH)2 adalah...a. Cu dan OHb. Cu dan OHc. Cu+ dan OH-d.Cu+ dan OH2-e. Cu2+ dan OH-
D. JAWABAN NYA ATUH YA KAN
9. Cu+2 + 2e ---> Cu E°=+0,34 VAg+ + e ----> Ag E°=+0,8 VTentukan harga E°sel yang dihasilkan dan tuliskan notasi selnya
E° Cu lebih kecil drpd E° Ag. Berarti Cu bertindak sbg Anode sedangkan Ag sbg Katode.
Reaksi utk Anode dibalik karena reaksiny oksidasi, dan E° nya diminuskan.
Katode: 2Ag+ + 2e -> 2Ag E° = +0,8 V
Anode: Cu -> Cu²+ + 2e E° = -0,34 V
--------------------------------------------------------------- +
Reaksi sel: 2Ag+ + Cu -> 2Ag + Cu²+ E° = +0,46 V
Notasi sel: Cu | Cu²+ || Ag+ | Ag
10. Kuningan merupakan paduan antara ….a. Cu + Zn b. Cu + Sn c. Cu + Al d. Cu + Ag e. Al + Ag
Jawaban:
Kuningan merupakan paduan antara
a. cu+Zn b. cu+sn c. cu+ Al d.cu + ag e. Al +ag
Jawaban:
a. Cu dan Zn
Penjelasan:
Kuningan merupakan paduan antara tembaga dan seng, tembaga cu, seng zn, maaf kalo salah,,
11. buat persamaan reaksi potensial sel antara e Fe dan e Cu
Jawaban:
Kalau enggak salah saya liatnya ada di goggle jawabannya
12. dalam suatu sel volta terjadi reaksi berikut Fe + Cu^2+ -> Fe^2+ + Cu jika E° Cu^2+ | Cu = + 0,34 v dan E° Fe^2+ | Fe = -0,44 v, harga potensial sel reaksi tersebut
harg potensial reaksi tersebut mnrut rmus reduksi-oksidasi = +O,78 V. E° sel = E° katoda - E° anoda
= E° besar - E° kecil
= 0,34 - (-0,44)
= 0,34 + 0,44
= 0,78 v
semoga dapat membantu
13. Diketahui data potensial berikut standar beberapa reaksi berikut. 1) Cu²+(aq)+Zn(s)->Cu(s) +Zn²+(aq) E°=+1,10 v2) Pb²+(aq)+Zn(s)->Pb(s)+Zn²+(aq) E°=+0,633) Cu²+(aq)+Pb(s)->Cu(s)+Pb²+(aq) E°=+0,47 vBerdasar kan data tersebut, urutan kekuatan reduktor logam logam tersebut dari yang paling lemah adalah...... a) Pb,Zn,dan Cub) Zn, Pb, dan Cuc) Cu,Zn dan Pbd) Cu, Pb dan Zne) Zn,Cu dan Pb(Tolong lampirkan cara dan jawaban nya)
reduktor lemah berarti sifat oksidator ya kuat
dari data diatas
Cu mengoksiadasi Zn menghasilkan E sel paling besar dibandingkan Pb mengoksiadasi Zn.
Cu ternyata dapat mengoksiadasi Pb dengan nilai E sel positip
maka urutannya nya dari terlemah adalah Cu , Pb, Zn
jawab D
maaf jika keliru
14. Hitunglah Eº sel dari: Cu(aq)2+ + 2 e Cu(s) ;E° = - 0,34 volt Al(aq) 3+ + 3 e Al(s) ;E° = - 0,66 volt
Jawaban:
a. Diagram sel
b. potensial sel
E°sel = +2 volt
Penjelasan:Cu²⁺(aq) + 2e ---> Cu(s) E° = +0,34 volt
Al³⁺ (aq) + 3e ---> Al(s) E° = -1,66 volt
15. Diketahui harga potensial reduksi dari : 2 H+ + 2e → H E° = 0 volt A13+ + 3e → Al E° = - 1.66 volt Zn- + 2e → Zn E° = - 0,76 volt Mg2+ + 2e → Mg E° = -2,37 volt Cu?+ 2e > Cu E = + 0.34 volt Notasi sel yang berlangsung spontan adalah ... 'A. Cu?- Cu /H/H B.Mg Mg2+/Cu²+ Cu C. Ag Ag*!! A13+ / Al D.H/2H* A1- Al E.Zn Zn2+ / Mg2+ /Mg K
Jawaban:
B. Mg|Mg²⁺ || Cu²⁺| Cu
Penjelasan:
tabel potensial Elektroda standar
2H⁺(aq) + 2e ⇔ H₂(g) E°= 0 v
Al³⁺(aq) + 3e ⇔ Al(s) E° =-1,66v
Zn²⁺(aq)+ 2e ⇔ Zn(s) E° = -0,76v
Mg²⁺(aq)+ 2e ⇔ Mg(s) E°= -2,37v
Cu²⁺(aq)+ 2e ⇔ Cu(s) E° = +0,34v
Ag⁺(aq)+ e ⇔ Ag(s) E° = + 0,80v
Notasi Sel Volta:
A | A²⁺ || B²⁺| B
Anoda || Katoda
E° = E° katoda - E° anoda
Jawab:
Cu |Cu²⁺||2H⁺|H₂
E° =0-0,34 = - 0,34 v → tidak spontan
Mg|Mg²⁺ || Cu²⁺| Cu
E° =0,34 -(-2,37) = + 2,71 v → spontan
Ag|Ag⁺ || Al³⁺|Al
E° =-1,66-(0,80) = -2,46 v →tidak spontan
H₂ | 2H⁺||Al³⁺| Al
E° =-1,66-(0) = -1,66 v →tidak spontan
Zn | Zn²⁺ ||Mg²⁺ |Mg
E° =-2,37 -(-0,76) = -1,61 v →tidak spontan
Reaksi spontan disertai pembebasan energi berupa kalor yang menyebabkan kenaikan suhu larutan. ( E° positif)
16. Jika diketahui:Zn+2 | Zn E° = -0,76 voltCut2 Cu E° = +0,34 voltDiagram sel yang paling tepat untuk meng-gambarkan proses tersebut adalah ....a. ZnSO, Zn || CuSo, I Cub. Cu Cuso. || ZnSO21c. ZnZn+2 || Cu+2 | Cud. Cu Cu 2 | Zn+2 | Zn. Zn+2 | SO,? || Cu*| S027. 'Data reaksi setengah sel dengan harga E°sebagai berikut.Fe2+ | Fe E° = -0,44 voltCu2+ | Cu E° = +0,34 voltPb2+ | Pb E = -0,13 voltMg2+ | Mg E° = -2,34 voltBerdasarkan data, notasi sel reaksi yangberlangsung spontan adalah .a. Cu Cu2+ || Fe2+ | Feb. Cu Cu2+ || Mg2+ | MgC. Cu Cu2+ || Pb2+ Pbd. PbPb2+ || Cu2+ Cue, PbPb2+ || Mg2+ | Mg3. Perhatikan rangkaian bagan sel volta berikut!
Jawaban:
pbpb2+llmg2+l mg cu 2+ cu fe2
17. Cu2+ + e => Cu+ adalah reaksi
sel volta
SEMOGAMEMBANTU
18. pada sel volta dengan elektrode Pb dan Cu, terjadi aliran elektron yang bergerak ... a. dari Pb ke Pb^2+ b. dari Pb ke Cu c. dari Cu ke Cu^2+ d. dari Cu ke Pb e. dari Cu^2+ ke Pb^2+
Aliran elektron yang bergerak dari Cu ke Pb
Pembahasan[tex]\boxed{\boxed{\bold{Sel~Volta}}}[/tex]
Sel volta adalah rangkaian sel yang menghasilkan arus listrik searah ketika terjadi reaksi redoks spontan. Dalam sel volta digunakan dua buah elektrode yaitu Contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari prinsip sel volta adalah baterai dan aki.
1. Katode sebagai elektrode positif yang mengalami reaksi reduksi (penerimaan elektron)
2. Anode sebagai elektrode negatif yang mengalami reaksi oksidasi (pelepasan elektron)
KPAN
Katode : Positif
Anode : Negatif
[tex]\boxed{\boxed{\bold{\green{Diket}}}}[/tex]
elektrode Pb
elektrode Cu
[tex]\boxed{\boxed{\bold{\purple{Ditanya}}}}[/tex]
aliran elektron yang bergerak dari
[tex]\boxed{\boxed{\bold{\blue{Jawab}}}}[/tex]
Deret Sel Volta
Li K Ba Ca Na Mg Al Mn Zn Cr Fe Cd Ni Co Sn Pb H Cu Hg Ag Pt Au
Semakin ke kanan kedudukan logam dalam deret sel volta maka logam akan semakin kurang reaktif (semakin sukar melepas elektron) dan kationnya merupakan oksidator yang semakin kuat. Logam yang berada disebelah kiri dapat mendesak atau mereduksi logam yang berada disebelah kanan.
Elektrode Pb berada disebelah kiri elektrode Cu dalam deret sel volta. Oleh karena itu, elektrode Pb dapat mendesak atau mereduksi logam yang berada disebelah kanan yaitu elektrode Cu. Maka,
elektrode Pb = katode = mengalami reaksi reduksi
elektrode Cu = anode = mengalami reaksi oksidasi
Reaksi sel yang terjadi adalah :
Katode = Pb²⁺ + 2e ---> Pb
Anode = Cu ---> Cu²⁺ + 2e
Jika aliran elektron dari anode ke katode maka, aliran elektron yang bergerak dari Cu ke Pb
[tex]\boxed{\boxed{\bold{\red{Kesimpulan}}}}[/tex]
aliran elektron yang bergerak dari Cu ke Pb
[tex]\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }[/tex]
Menentukan Eosel https://brainly.co.id/tugas/18488104 , https://brainly.co.id/tugas/7639288# Notasi sel https://brainly.co.id/tugas/20738534 Menentukan reaksi sel https://brainly.co.id/tugas/18150628, https://brainly.co.id/tugas/20738534
[tex]\boxed{\spadesuit}\boxed{\bold{\orange{Semoga~Membantu}}}\boxed{\spadesuit}[/tex]
[tex]\boxed{\spadesuit}\boxed{\bold{\orange{Chemistry~ionkovalen}}}\boxed{\spadesuit}[/tex]
[tex]\mathbf{Detil~Jawaban }[/tex]
Mapel : Kimia
Bab : Reaksi Redoks dan Elektrokimia
Kelas : XII
Semester : 1
Kode : 12.7.2
#AyoBelajar
19. diketahui : Zn^2+ | Zn E° = -0,76 volt Cu^2+ | Cu E° = +0,34 voltbesarnya potensial sel (E° sel) Volta tersebut adalah
Jawaban:
caranya ada di gambar
mohon maaf jika salah
20. menyusun teks persuasif tentang Pentingnya literai dan numerasi dlm pendidikan
Jawaban:
Kita sebagai pelajar harus perbanyak literasi karena sangat membantu kita sebagai seorang murid
Literasi tidak memberikan kita kerugian, malah memberikan kita pelajaran baru, lebih luas, bahkan yang tidak pernah dijelaskan guru sekalipun bisa kita ketahui atau temukan jika perbanyak literasi
Matematika juga menjadi salah satu alasan setiap pelajar untuk tidak menyentuh bahkan membaca buku yang berkaitan dengan matematika
Memang biasanya kita bingung, tidak tau apa yang mau dibaca, tapi kita bisa saja membaca rumus bahkan menghafal rumus yang tertera di dalam buku
Maka dari itu saya katakan tidak ada kerugian dalam memperbanyak literasi malah memberikan kita keuntungan besar.
Kalo mbak mao tambahin gambaran ughe boleh :)
Maap kalok bener suer, sekian trimsomaski