Kamis, 05 Januari 2023

Reciproca Teoremei Lui Thales


Reciproca Teoremei Lui Thales

dengan teoreme pythagoras tentukan: a. nilaib. keliling​

1. dengan teoreme pythagoras tentukan: a. nilaib. keliling​


Jawaban:

b keliling

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf kalo salah


2. Siapakah Thales itu ???


thales tokoh filsafat ilmu yang pertama

semoga membantu :)
adalah seorang filsuf dari Miletos yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM.

Good Luck! :D

3. aturan aturan deduksi alami : pembuktian teoreme : sistem derivasi :


Jawaban:

Metode deduksi umumnya dipakai pada bidang matematika untuk membuat turunan-turunan rumus yang lebih simpel.

Penalaran deduktif menghubungkan premis-premis dengan kesimpulan. Jika semua premi benar, istilah jelas, dan aturan logika deduktif ditaati, maka kesimpulan ini tentu benar.


4. Bagaimana thales mengetahui tentang kelistritolong di jwb​


Jawaban:

kelistri apa dek???

Jawaban:

hmm...................................


5. Jelaskan secara singkat tentang Thales


Jawaban:

Thales adalah seorang saudagar yang sering berlayar ke Mesir. Di Mesir, Thales mempelajari ilmu ukur dan membawanya ke Yunani. Ia dikatakan dapat mengukur piramida dari bayangannya saja. Selain itu, ia juga dapat mengukur jauhnya kapal di laut dari pantai.

Penjelasan:

Semoga Membantu (^^)


6. bagaimana pandangan Thales tentang hakikat alam semesta?​


Jawaban:

Thales berpendapat bahwa segala sesuatu di jagat raya memiliki jiwa. Jiwa tidak hanya terdapat di dalam benda hidup tetapi juga benda mati. Teori tentang materi yang berjiwa ini disebut hylezoisme. Argumentasi Thales didasarkan pada magnet yang dikatakan memiliki jiwa raga karena mampu menggerakkan besi.


7. 1 . Bagaimana thales mengetahui tentang kelisttikkan ?


Jawaban: dari fenomena batu ambar yang digosok gosok akan menarik bulu

Penjelasan: jadikan jawaban terbaik

#jan lupa follow


8. Bagaimanakah thales mengetahui tentang listrik


Jawaban:

Penjelasan: Sejarah awal ditemukannya listrik adalah oleh seorang cendikiawan Yunani yang bernama Thales, yang mengemungkakan fenomena batu ambar yang bila digosok - gosokkan akan dapat menarik bulu sebagai fenomena listrik.  listrik tidak ditemukan sekaligus. Pada awalnya, listrik dikaitkan dengan cahaya.

semoga membantu teman teman


9. siapakah Thales.......


Thales adalah perintis Matematika dan filsafat Yunani.

10. Sebutkan 3 hasil eksperimen Thales


Thales adalah seorang filsuf Yunani Kuno pada tahun 624-547 SM yang berasal dari Miletus, pantai barat Asia kecil (Turki). Beliau mendapat gelar bapak filsafat, karena dia adalah orang yang pertama kali berfilsafat. Gelar itu di berikan karena ia mengajukan pertanyaan yang amat mendasar, yaitu “Apa bahan dasar alam semsta ini?” dan dia menjawab air adalah bahan alam semesta. Ia melihat air sebagai sesuatu yang sangat diperlukan dalam kehidupan, dan menurut pendapatnya bumi terapung di atas air. Karena itu Thales juga dianggap sebagai perintis filasafat alam.

Pemikiran-pemikiran Thales yaitu:

Bumi berasal dari air.
Air sebagai prinsip dasar segala sesuatu
Thales menyatakan bahwa air adalah prinsip dasar segala sesuatu. Air menjadi pangkal, pokok, dan dasar dari segala-galanya yang ada di alam semesta.

Pandangan tentang jiwa
Thales berpendapat bahwa segala sesuatu di jagad raya memiliki jiwa, baik benda hidup maupun benda mati.

Theorema Thales
Dalam geometri ada 5 theorema Thales yang dipakai dalam penghitungan matematika.

Pandangan politik
Thales menyarankan bahwa untuk mempertahankan Negara dari ancaman serangan oleh Negara lain yaitu dengan membentuk pusat pemerintahan dan administrasi bersama di kota yang memiliki posisi sentral di Negara tersebut.


11. Gunakan teoreme rythagoras untuk menentukan nilai diketahui pada gambar berikutt Bntu jwabb... e dan f


Pelajaran: Matematika
Kelas : VIII
Materi: pythagoras

Lihat lampiran dibawah ini d.4
e.5, 29
maaf kalau salah

12. Bagaimanakah Thales mengetahui tentang kelistrikan ??​


Jawaban:

Sejarah awal ditemukannya listrik adalah oleh seorang cendikiawan Yunani yang bernama Thales, yang mengemungkakan fenomena batu ambar yang bila digosok - gosokkan akan dapat menarik bulu sebagai fenomena listrik. listrik tidak ditemukan sekaligus. Pada awalnya, listrik dikaitkan dengan cahaya.

Jawaban:

Thales yg mengemukakan fenomena batu ambar yg digosok gosokkan akan dapat menarik bulu sbg fenomena listrik listrik tidak ditemukan sekaligus pada awalnya listrik dikaitkan dg cahaya

Maaf Klo Salah

Semoga Membantu^_^


13. Mengapa thales diakui sebagai bapak filsafat


Jawaban:

karena ia adalah orang yang mula mula

berfilsafat

Penjelasan:

gelar tersebut diberikan karena dia yang pertama kali berfilsafat tentang apa sebenarnya bahan dasar bumi ini

dan karena beliay mencoba menjelaskan dunia dan gejala gejala di dalamnya tanpa bersandar pada mitos.melainkan pada rasio manusia


14. thales miletus adalah seorang?


Thales adalah seorang filsuf yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM.Thales adalah seseorang yang mengawali sejarah filsafat barat pada abad ke-6 SM.

15. thales adalah seorang penemu


thales adalah seorang penemu listrik pertama di dunia
Thales adalah matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi

16. apa kelemahan teori thales​


Penjelasan:

Thales berpendapat bahwa segala sesuatu di jagat raya memiliki jiwa. Jiwa tidak hanya terdapat di dalam benda hidup tetapi juga benda mati. Teori tentang materi yang berjiwa ini disebut hylezoisme. Argumentasi Thales didasarkan pada magnet yang dikatakan memiliki jiwa raga karena mampu menggerakkan besi.


17. bagaimana thales bisa mengukur jarak kapal dg pantai


Kelas: IX
Mata Pelajaran: Matematika
Materi: Segitiga
Kata Kunci: Thales dari Miletus

Pembahasan:

Thales dari Miletus (624-546 SM) menghitung jarak pengamat ke kapal di laut dengan menggunakan prinsip segitiga yang sama sisi dan sudutnya.

 

Thales membuat dua segitiga imajinatif yang sama besarnya di darat dan di laut. Kemudian karena segitiga di darat lebih mudah diukur sisinya, dari segitiga ini dapat dihitung berapa jarak kapal laut.

 

Pertama, dari titik pantai yang ditemukan di seberang kapal (titik A), yang akan kita ukur jaraknya, kita berjalan dari titik ukur tersebut (titik B) di sepanjang pantai ke arah yang tegak lurus dengan arah kapal, dengan jarak acak (misalnya 20 langkah) ke titik acuan (titik C).

 

Kemudian di titik C tersebut kita akan meletakkan tongkat penanda titik acuan. Lalu kita berjalan lagi dengan menempuh jarak yang sama (sejulah 20 langkah juga) menuju titik D.

 

Setelah itu, dari titik D kita berjalan (tegak lurus) ke daratan sampai ke titik, di mana dari titik tersebut (titik E) kita bisa melihat ke arah kapal, dengan melewati tongkat kita.

 

Dengan pergerakan kita ini kita telah membentuk segitiga imajinatif yang sama panjang sisinya, yaitu segitiga ABC, yang salah satu sisinya adalah jarak kapal, dan segitiga CDE. Karena sisi segitiga CDE ini semua berada di darat, kita bisa lebih mudah mengukur sisi-sisinya, dan dari sisi yang menghubungkan titik D ke E ini kita secara tidak langsung bisa mendapatkan jarak kapal ke pantai (jarak titik A ke B).

 

Metode yang dibuat oleh filusuf Yunani Kuno, Thales dari Miletus, ini juga digunakan untuk menemukan lebar sungai, tebing dan lainya.


18. Bagaimana thales mengetahui tentang kelistrikan?


Jawaban:

1. Bagaimana thales mengetahui tentang kelistrikan ?

= Thales yg mengemukakan fenomena batu ambar yg digosok gosokkan akan dapat menarik bulu sbg fenomena listrik listrik tidak ditemukan sekaligus pada awalnya listrik dikaitkan dg cahaya

Penjelasan:

Sejarah awal ditemukannya listrik adalah oleh seorang cendikiawan Yunani yang bernama Thales, yang mengemungkakan fenomena batu ambar yang bila digosok - gosokkan akan dapat menarik bulu sebagai fenomena listrik. Kemudian setelah bertahun - tahun semenjak ide Thales dikemukakan, baru kemudian muncul lagi penapat - pendapat serta teori -teori baru mengenai listrik seperti yang diteliti dan dikemukakan oleh William Gilbert, Joseph priestley, Charles De Coulomb, AmpereMichael Farraday, Oersted, dll.

informasi tentang sejarah penemu listrik ini disajikan dalam bentu panel dan didukung dengan perangkat audio visual yang menyajikan tiruan dari percobaan - percobaan yang pernah dilakukan oleh para ilmuan.

Sejarah awal ditemukannya listrik adalah oleh seorang cendikiawan Yunani yang bernama Thales, yang mengemungkakan fenomena batu ambar yang bila digosok - gosokkan akan dapat menarik bulu sebagai fenomena listrik. listrik tidak ditemukan sekaligus. Pada awalnya, listrik dikaitkan dengan cahaya.

Semoga membantu


19. Bagaiamana pandangan thales tentang alam?


Jawaban:

menjelaskan dunia dan gejala-gejala di dalamnya tanpa bersandar pada mitos melainkan pada rasio manusia


20. kapan Thales lahir, dan teori pemikiran nya?


thales lahir pada 624-625 SM

Thales dari Miletos adalah seorang filsuf yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM.Sebelum Thales, pemikiran Yunani dikuasai cara berpikir mitologis dalam menjelaskan segala sesuatu. Pemikiran Thales dianggap sebagai kegiatan berfilsafat pertama dan di sebut sebagai bapak filsafat,Karena mencoba menjelaskan dunia dan gejala-gejala di dalamnya tanpa bersandar pada mitos melainkan pada rasio manusiaThales (624-546 SM) lahir di kota Miletus yang merupakan tanah perantauan orang-orang Yunani di Asia Kecil.

Thales menyatakan bahwa air adalah prinsip dasar (dalam bahasa yunani berarti arche) segala sesuatu.Air menjadi pangkal, pokok, dan dasar dari segala-galanya yang ada di alam semesta. Berkat kekuatan dan daya kreatifnya sendiri, tanpa ada sebab-sebab di luar dirinya, air mampu tampil dalam segala bentuk, bersifat mantap, dan tak terbinasakan. Menurut Thales air sebagai sumber kehidupan.

Video Update


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner